Terdepan dan Terpercaya|Selasa, Februari 19, 2019
> Home » Politik » Ketua DPRD KALTARA Ratusan Desa Butuh Perhatian

Ketua DPRD KALTARA Ratusan Desa Butuh Perhatian 

Gardankri.com Tanjung Selor – Ratusan desa di wilayah Nunukan dan Malinau disinyalir belum terdaftar di pemerintah daerah setempat. Akibatnya, desa tersebut tidak bisa menerima bantuan.

Ketua DPRD Kalimantan Utara Marten Sablon mengungkapkan, sekira 189 desa yang belum terdaftar di dua kabupaten itu perlu perhatian. Seharusnya, kata dia, bisa didaftarkan oleh pemerintah daerah setempat.

“Apakah tidak terdaftar sebagai desa yang menerima bantuan dana desa, kami harapkan harus bisa didaftarkan oleh pemerintah sebagai penerima bantuan.  Sehingga, masyarakat bisa turut aktif mempersiapkan program untuk memajukan desa mereka,” ujarnya, Rabu (3/7).

Dikatakan, pemerintah di tingkat kecamatan bertanggung jawab dan proaktif mendata semua desa yang belum terdaftar di daerahnya. Sehingga, semuanya bisa masuk daftar desa yang akan menerima bantuan pemerintah.

“Peran aktif pemerintah untuk mendata semua desa yang ada agar bantuan dapat diberikan,” ujarnya.

Masyarakat, dikatakannya, dapat mengawasi kinerja aparat desa yang menggunakan dana desa dan mengawal program sesuai aturan. “Kepala desa harus bijak dalam menggunakan dana desa yang besar dan bisa memberikan manfaat. Jika digunakan tidak tepat sasaran akan menjadi persoalan di masyarakat,” tegasnya.

Ia menambahkan, hingga kini masih terjadi kebingungan di antara aparat desa dalam mengunakan dana desa. Penyebabnya, regulasi yang harusnya menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan desa masih kurang dipahami.

“Untuk mengelola dana, aparatur pemdes harus punya kapasitas,” ujarnya.(hmsdprd/Baun)

Add a Comment