Terdepan dan Terpercaya|Selasa, Februari 19, 2019
> Home » Politik » DPRD Minta Tingkatkan kwalitas Pelayanan Kependudukan Administrasi

DPRD Minta Tingkatkan kwalitas Pelayanan Kependudukan Administrasi 

Gardankri.com Tajung Selor-Memasuki tahun ajaran baru 2018/2019 dipastikan akan banyak warga yang mengurus data kependudukan, seperti akta kelahiran dan administrasi kependudukan lainnya yang digunakan sebagai syarat masuk sekolah.

Ketua Komisi II DPRD Kaltara, Asnawi Arbain mengharapkan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat dapat memberikan layanan secara maksimal pada masyarakat yang mengurus data kependudukan.

“Tahun ajaran baru ini pasti banyak masyarakat yang mengurus data kependudukan, baik itu Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran dan Kartu Keluarga (KK). Untuk itu Disdukcapil diharapkan bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan sehingga masyarakat mau mengurus sendiri,” ungkapnya, Senin (2/7).

Lanjut Politisi Partai Amanat Nasional ini, meminta kepada masyarakat untuk tidak mengurus data kependudukan melalui calo. Hal itu untuk menghindari biaya besar termasuk terjadinya kesalahan ketik nama dan alamat atau data lainnya.

“Saya berharap di Kaltara, anggapan masyarakat mengurus data kependudukan itu sulit tidak lagi terjadi untuk itu berikanlah pelayanan yang terbaik untuk masarakat,” ujarnya.

Dijelaskannya, awal tahun ajaran baru pihak sekolah dan orangtua bisa membantu masa transisi peserta didik dengan memberikan pengenalan lingkungan sekolah sebelum mereka terlibat aktif proses belajar di sekolah itu.

“Selama masa hari pertama masuk sekolah, Siswa diharapkan dapat memahami program, aturan, dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Selain itu siswa bisa mengenal fasilitas yang dimiliki sekolah dan yang tersedia di sekitar sekolah,” pungkasnya.  (hmsdprd/Baun)

Add a Comment