Terdepan dan Terpercaya|Selasa, Februari 19, 2019
> Home » headline » Sosialisasi FKPT “Melalui Seni Budaya, Cegah Paham Radikalisme”

Sosialisasi FKPT “Melalui Seni Budaya, Cegah Paham Radikalisme” 

GardaNKRI.com, Tarakan, Bertepat di hotel Galaxy Tarakan, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) melakukan upaya pencegahan dini melalui sosialisasi dengan mendatangkan 4 narasumber terdiri dari 2 narasumber lokal dan 2 narasumber pusat (Tarakan /7/9/2017).

Mengambil Tema Seni Budaya Sebagai Cinta Damai, Karena seni merupakan bahasa jiwa, yang tertera pada setiap manusia, sehingga melalui seni dan budaya kita bisa mencegah paham paham radikalisme.
Menurut Usman Faqih selaku Ketua FKPT Provinsi Kaltara,” ini bertujuan melalui bahasa seni dan budaya, untuk membahasakan agar semua komponen dan elemen masyarakat bisa secara serentak melakukan upaya upaya pencegahan gerakan radikalisme, sebab di Indonesia ada 12 titik daerah yang dianggap prioritas dalam penanganan Teroris salah satunya adalah Provinsi Kalimantan Utara,”jelasnya.

Selaku kepala Bidang ( Ekonomi, Sosial dan Budaya ) EKOSOSBUD Sadriansyah menambahkan, “agenda ini merupakan agenda rutin dimana kerjasamanya dari Badan Nasoinal Penanggulangan Bencana ) BNPT melaui FKPT. Melalui seni budaya dan sastra, bisa menumbuhkan rasa cinta, rasa empati yang tumbuh dari diri seseorang bisa mengikis paham paham radikalisme, khususnya bagi peserta yang hadir bisa menumbuhkan empati dan rasa cinta terhadap sesama, cinta terhadap agama, cinta terhadap budaya termasuk cinta kepada NKRI,”katanya.

Menanggapi agenda FKPT ini, Salah satu narasumber nasional yang juga sebagai Ketua Musikalitas dan Puisinisasi Indonesia, Fikar Wi Eda saat ditemui Gardankri.com, memberi aplus dan antusiasnya terhadap panitia penyelenggara, mengingat “kegiatan seperti ini sangat penting, agar bisa merangsang generasi penerus kita untuk berkreasi dan berkarya, termasuk berkreasi melakukan pencegahan-pencegahan, karena seni merupakan kata Hati, dan bukan bahasa kelompok tertentu, atau bahasa etnis tertentu”, tanggapnya.

Acara yang digelar sejak pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB ini berjalan dengan tertib juga dihadiri unsur MUSPIDA Tarakan, termasuk TNI dan POLRI.( Md )

Add a Comment