Terdepan dan Terpercaya|Selasa, Februari 19, 2019
> Home » Advetorial » Pertama Kalinya Humas Kab.Bulungan Raih Juara 3 Anugrah Media Humas Se Indonesia

Pertama Kalinya Humas Kab.Bulungan Raih Juara 3 Anugrah Media Humas Se Indonesia 

Garda NKRI.com, Bulungan, Sejak Humas Kabupaten Bulungan di jabat oleh Ratna Sari Ningsih, ST, peran dan fungsi humas terlihat proaktif dan semakin maju. Berkat kerja kerasnya, serta dukungan para serta stafnya, kini Humas Kabupaten Bulungan  berhasil meraih juara terbaik 3 kategori advertorial dalam Anugerah Media Humas (AMH) 2016 yang diselenggarakan oleh Bakohumas (Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat) Kementerian Kominfo di Kota Bandung pada Jumat malam, dan ini yang pertama kali kategori Humas meraih AMH (18/11).

AMH 2016 merupakan even nasional yang dilaksanakan Bakohumas untuk melakukan pengukuran kinerja humas. Di samping untuk melakukan evaluasi sekaligus memberikan apresiasi atas kinerja humas pemerintah selama satu tahun berjalan, juga diharapkan dengan event AMH ini, kohesivitas organisasi humas-humas pemerintah secara nasional menjadi semakin kuat.Tahun 2016 ini, penyelenggaraan AMH merupakan yang ke11 kalinya sejak pertama kali AMH dilaksanakan tahun 2006. Penyelenggaraannya dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, baik dari aspek kualitas media humas yang semakin komunikatif terhadap publik maupun kuantitas kepesertaanya.

“AMH 2016 diikuti lembaga humas mulai tingkat kementerian, provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Kabupaten Bulungan meraih terbaik 3 tingkat kabupaten/kota dalam kategori advertorial,” terang Kabag Humas dan Protokol Setkab Bulungan, Ratna Sari Ningsih, ST. Dijelaskan, sesuai Instruksi Presiden RI Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, menempatkan humas pemerintah atau government public relations pada posisi strategis dalam pelayanan informasi.Humas bukan semata sebagai jembatan(bridging) komunikasi antara instansi dengan masyarakat, ataupun sebaliknya.Namun, humas dituntut juga mampu menyerap aspirasi publik sebagai masukan dalam menyusun kebijakan. Humas pemerintah menjadi multifungsi seperti koordinator, diseminator dan sekaligus“information hub” kebijakan pemerintah,pada saat yang sama juga berkewajiban membangun citra positif pemerintah.

“Penghargaan ini kita harapkan dapat memacu fungsi humas Pemkab Bulungan ke depan agar lebih baik, sebab fungsi kehumasan tidak hanya pada advertorial,” terangnya. Disebutkan, humas pemerintah dituntut agar maksimal menjalankan fungsi kehumasan, seperti perencanaan, penyusunan, pembuatan dan distribusi informasi melalui media massa, media baru dan pameran.Selain itu, humas harus memiliki sarana menjalankan fungsi publisitas melalui media penerbitan (seperti majalah internal,laporan tahunan, advertorial, bulletin,poster, leaflet, flyer, dll.), media audiovisual,serta merchandise.

“Bagian Humas tentu juga turut mendukung agar program NAWA CITA dan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dapat diterima secara benar dan proporsional dimasyarakat,” tandasnya.

Add a Comment