Terdepan dan Terpercaya|Sabtu, Februari 16, 2019
> Home » headline » Pembangunan Pedidikan Harus Merata

Pembangunan Pedidikan Harus Merata 

GardaNKRI.COM .TANJUNG SELOR – Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berharap kepada pemerintah daerah untuk melakukan pemerataan pembangunan di sektor pendidikan, hingga ke wilayah pedesaan. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua I DPRD Kaltara, Abdul Djalil Fatah, belum lama ini.

Dikatakan Abdul Djalil, pendidikan merupakan urusan yang wajib dilaksanakan. Karena itu, infrastruktur pendidikan perlu menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Tidak hanya di wilayah perkotaan, tetapi harus merata hingga ke wilayah pedalaman, pedesaan dan kepulauan. Apalagi angaran untuk pendidikan sudah dialokasikan sebesar 20 persen dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

“Kita mengaharapakan supaya ada pemerataan pendidikan sampai ke pedesaan, pedalaman dan kepulauan,” kata Abdul Djalil, ketika ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurutnya, tidak hanya pemerataan dalam segi pembangunan fisik atau gedung sekolah. Tetapi juga pemeretaan dari segi kualitas guru atau tenaga pendidik. Termasuk ketersediaan sarana dan prasarana pendukung lainnya.

“Meskipun itu dilaksanakan secara bertahap. Karena kita memahami Kaltara cukup luas. Tidak mudah untuk melakukan hal itu. Tapi itu harus jadi target pemerintah ke dapan,” jelasnya.

Pemerataan baik infrastruktur sekolah maupun tenaga pengajar lanjutnya sangat perlu, guna meningkatkan kualitas pendidikan di Provinisi Kaltara. Terlebih lagi kondisi infrastruktur pendidikan yang ada di daerah-daerah pedalaman, masih banyak yang memprihatinkan.

“Apalai sekarang SMA jadi kewenangan provinsi. Sudah jadi tangung jawab provinsi supaya ada perhatian. Perlu juga ada koordinasi dengan lembaga pendidikan di daerah-daerah,” pungkasnya. (HUMAS)

Add a Comment