Terdepan dan Terpercaya|Kamis, April 18, 2019
> Home » headline » Minta Pelayanan Air Bersih Segera Diupayakan Untuk Warga Desa Gunung Putih

Minta Pelayanan Air Bersih Segera Diupayakan Untuk Warga Desa Gunung Putih 

Garda NKRI.COM, TANJUNG SELOR – Anggota DPRD Kaltara Effendhi Djuprianto mengatakan, warga di Desa Gunung Putih, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan sangat mengharapkan adanya pelayanan air bersih yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Sebab, air bersih dari PDAM belum menjangkau rumah mereka. Hal ini disampaikannya berdasarkan aspirasi masyarakat setempat yang diterimanya.

“Persoalan air bersih di desa itu akan kami ditindaklanjuti. Aspirasi masyarakat ini akan kami koordinasikan dengan pihak terkait,” ujar Effendhi, beberapa waktu lalu.

Menurutnya,  jika memang ada jaringan pipa air bersih yang memungkinkan terhubung ke Desa Gunung Putih, ia berharap bisa segera disambungkan. Supaya warga setempat juga bisa menikmati air bersih.

Namun, jika jaringan pipa yang belum ada, maka perlu upaya lain. Seperti, pasokan air bersih ke warga bisa dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Mengingat di sekitar desa itu, ada sumber-sumber air bersih yang masih memungkinkan untuk dikonsumsi.

“Wacana air bersih dikelola Bumdes itu saat saya bersama-sama warga meninjau ke lapangan. Saya minta waktu untuk melakukan terobosan dan kordinasi ke pemerintah terkait pemberdayaan Bumdes ini,” lanjutnya.

Ia juga menyarankan selain sumber air yang sudah ada, warga juga mencari sumber air yang terdekat. Agar dari segi operasional bisa lebih hemat.

“Dengan memberdayakan Bumdes nantinya ada semacam PDAM mini. Kalau berhasil, kedepannya pola ini bisa diadopsi desa-desa lain yang masih kesulitan mendapatkan air bersih,” pungkansya. (adv)

Add a Comment