Terdepan dan Terpercaya|Selasa, Februari 19, 2019
> Home » headline » Dukung Kebijakan 5 Hari Sekolah

Dukung Kebijakan 5 Hari Sekolah 

GardaNKRI.COM, TANJUNG SELOR – Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberlakukan program lima hari sekolah dengan menerapkan 8 jam belajar setiap hari, juga mendapat respons positif dari DPRD Provinsi Kaltara.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kaltara, Abdul Djalil Fatah, dengan diberlakukannya program lima hari sekolah ini, tetap tidak mengurangi waktu anak-anak mendapatkan pendidikan di sekolah. Karena, meski harinya dikurangi, tetapi waktu jam belajar ditambah hingga 8 jam.

“Kegiatan belajar di sekolah tidak berkurang. Tetap sama, karena ada penambahan jam belajar,” ujar Abdul Djalil, Senin (12/6).

Justru dengan diterapkannya lima hari sekolah ini membawa manfaat bagi anak-anak dan orangtua. Sebab, antara anak dengan orangtua, memiliki banyak waktu berkumpul di rumah. “Keuntungannya, waktu libur dua hari ini bisa dimanfaatkan dekat dengan orang tuanya. Jadi saya rasa program ini baik bagi anak-anak dan orang tua,” lanjut politisi Partai Golkar ini.

Namun, saat mulai diterapkan, tentu masih menuai kendala karena masih masa transisi. Misal, kebiasaan anak-anak yang pulang cepat, saat diterapkan akan terasa berbeda. “Tetapi lama kelamaan akan jadi kebiasaan,” sambungnya.

Lebih lanjut, menurut dia, saat libur dua hari, anak-anak juga bisa menambah kegiatan belajar di rumah bersama keluarga. Orangtua dapat memanfaatkan waktu ini untuk memberikan pendidikan bagi anak-anaknya di rumah. Karena pendidikan keluarga ini juga penting disamping pendidikan formal.

“Jadi kami mendukung kebijakan ini kalau diterapkan dengan baik. Namun harus melihat juga kondisi, karena masih ada sekolah yang sarana dan prasaranya masih terbatas. Termasuk tenaga pengajarnya,” pungkasnya. (adv)

Add a Comment