Terdepan dan Terpercaya|Kamis, April 18, 2019
> Home » headline » Dewan Target 21 Perda

Dewan Target 21 Perda 

GardaNKRI.COM. TANJUNG REDEB – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltara Abdul Djalil Fatah berharap, rancangan peraturan daerah (Raperda) yang sudah masuk dalam program pembentukan perda (Propemperda) tahun 2017 dapat terealisasi.

Djalil menyebutkan, tahun ini DPRD Kaltara menargetkan sebanyak 21 raperda dapat disahkan menjadi peraturan daerah (Perda). Baik usulan eksekutif maupun inisitif dewan. Dari jumlah itu, ada beberapa raperda yang sudah dibahas oleh panitia khusus (Pansus) pembahas perda maupun Badan Pembentukan Perda (Bapemperda).

“Sesuai jadwal yang sudah disusun Banmus, kita juga fokus pada pembahasan raperda. Karena target kita tahun ini ada 21 raperda,” katanya, Senin (3/7).

Lebih lanjut, Djalil mengatakan dalam pembahasan raperda ini, dewan akan memprioritaskan yang berdampak langsung dengan kepentingan masyarakat dan pembangunan di Provinsi Kaltara. Paling tidak kata dia, sasaran dari perda yang ada nanti dapat mempercepat gerak pembangunan di daerah ini dan berdampak pada perekonomian masyarakat.

Selain itu, juga menyesuaikan dengan Undang-Undang dan peraturan pemerintah. Karena, jangan sampai dewan membentuk perda yang bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi.

“Kan perda tidak boleh bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi. Jadi acuan kita bentuk perda tetap undang-undang dan peraturan pemerintah. Kita juga lihat yang lebih prioritas,” ujarnya.

Ia pun berharap, baik Bapemperda maupun Pansus pembahas perda bekerja maksimal dan berkoordinasi dengan pihak eksekutif untuk percepatan pembahasan beberapa perda yang  masuk program tahun ini. (adv)

Add a Comment