Terdepan dan Terpercaya|Sabtu, Februari 16, 2019
> Home » headline » Dewan Sampaikan Rekomendasi terhadap LHP BPK

Dewan Sampaikan Rekomendasi terhadap LHP BPK 

GardaNKRI.COM. TANJUNG SELOR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), menggelar rapat paripurna ke-11 masa persidangan II tahun 2017, dengan agenda Penyampaian Rekomendasi DPRD Kaltara terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Kaltara Tahun 2016, Selasa (18/7) kemarin.

Rapat dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kaltara Abdul Djalil Fatah, dan dihadiri Wakil Gubernur Kaltara Udin Hianggio serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemprov Kaltara.

Dalam rapat itu, Ketua Panitia Kerja (Panja) pembahas LHP BPK RI terhadap LKPD Tahun 2016, Effendhi Djuprianto memberikan paparan tentang tahapan pembahasan yang dilakukan hingga disepakatinnya beberapa rekomendasi.

“Berdasarkan hasil pembahasan kami, ada beberapa rekomendasi yang tujuannya untuk perbaikan kinerja pemerintah daerah kedepan,” kata Effendhi.

Salah satu rekomendasi yang disampaikan, yakni DPRD meminta kepada Gubernur Kaltara untuk memberikan peringatan kepada pengguna anggaran agar lebih cermat dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, dengan mengacu pada kentetuan dan peraturan yang berlaku.

Pejabat pengelola keuangan kata dia juga harus diberikan pembinaan dalam proses penyusunan rencana kerja anggaran (RKA) pada SKPD, baik itu sosialisasi, pendidikan atau bimbingan teknik (Bimtek) secara berkala.

Panja juga meminta kepada gubernur agar menyusun Peraturan Gubernur tentang Sistem dan Prosedur Pengelolaan Keuangan daerah yang menjadi prodoman dalam menyusun anggaran.

“Hal ini penting untuk menghindari adanya kesalahan dalam penyusunan anggaran,” pungkasnya. (adv) 

Add a Comment