Terdepan dan Terpercaya|Sabtu, Februari 16, 2019
> Home » headline » Dewan Fokus Bahas Angaran

Dewan Fokus Bahas Angaran 

GardaNKRI.CO .TANJUNG SELOR – Hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara melalui Badan Musyawarah (Banmus), Senin (3/7), langsung menggelar rapat penyusunan agenda dewan. Rapat dipimpin Wakil Ketua I DPRD, Abdul Djalil Fatah, di ruang rapat utama, lantai dua gedung DPRD Kaltara.

Menurut Abdul Djalil, Banmus menyusun jadwal untuk triwulan kedua, karena beberapa agenda yang sebelumnya sudah dijadwalkan tidak terlaksana karena libur Lebaran. “Ada beberapa agenda tidak terlaksana. Jadi Banmus menyusun jadwal untuk masa triwulan kedua ini,” ujar Abdul Djalil, yang ditemui usai memimpin rapat, di ruang kerjanya.

Dikatakannya, salah satu agenda yang difokuskan dewan dalama waktu dekat ini yakni pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2017. Pembahasan ini akan dilakukan melalui Badan Anggaran (Banggar) DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Setelah APBD Perubahan 2017 rampung, selanjutnya kata dia, dewan akan membahas APBD tahun 2018.

“Kita buat jadwalnya supaya tidak molor. Karena 2018 pengesahan paling tidak antara Oktober sampai Desember,” jelasnya.

APBD 2018 kata dia diupayakan bisa disahkan sebelum akhir tahun. Hal ini untuk menghindari terlambatnya proses lelang kegiatan yang diprogramkan di 2018. “Jadi kami di dewan fokus anggaran dulu,” sambungnya.

Disamping itu, Banmus juga menyusun beberapa agenda pertemuan antara komisi-komisi bersama mitra kerja dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Kaltara, untuk membahas program 2018. Hal ini bertujuan untuk menyinkronkan kegiatan yang diprogramkan OPD dengan hasil kunjungan kerja dan reses anggota dewan.

“Karena banyak juga hasil reses dewan yang perlu disinkronkan dengan program OPD. Terutama terkait keluhan masyarakat, seperti infrastrukutr jalan, listrik dan masalah sosial lainnya,” jelasnya.

Yang tak kalah penting lagi, Banmus juga menyusun angenda Pansus pembahas beberapa rancangan peraturan daerah (Raperda) yang sudah masuk program pembentukan perda  tahun 2017. Tahun ini, dewan menargetkan bisa mengesahkan sebanyak 21 raperda. Baik yang diajukan Pemprov Kaltara maupun inisiatif dewan.

“Mudah-mudahan agenda yang sudah dijadwalkan tidak ada kendala. Sehingga bisa berjalan lancar,” harapnya. (adv)

Add a Comment