Terdepan dan Terpercaya|Kamis, Juni 20, 2019
> Home » headline » Dalami Raperda Pembentukan Perusda

Dalami Raperda Pembentukan Perusda 

GardaNKRI.COM. TANJUNG SELOR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menyambut baik dua rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pembentukan perusahaan daerah (Perusda) yang telah diajukan pemerintah provinsi. Kedua raperda perusda yang diajukan itu yakni Raperda tentang PT Migas Kaltara Jaya dan Raperda tentang PT Benuanta Kaltara Jaya.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Kaltara, Andi Muhammad Akbar, Provinsi Kalimantan Utara memang membutuhkan perusda untuk ikut mengelola potensi yang ada di daerah ini. Selain itu juga, keberadaan perusda ini juga nantinya akan menambah pemasukan atau pendapatan daerah.

“Dalam aturan, kalau pemerintah mau mengelola atau ingin melakukan penyertaan modal, memang harus ada payung hukumnya,” katanya, Selasa (11/7).

Dikatakannya, khusus untuk Raperda PT Migas Kaltara Jaya yang bergerak di bidang usaha pengelolaan minyak dan gas, pihaknya akan mempelajari dan menindak lanjutinya.   “Karena ini memang bidang Komisi III, maka akan kami pelajari. Kami akan analisa seperti apa nanti sistem kerja sama pengelolaan migas ini,” ujarnya.

Komisi III juga kata dia akan berkoordinasi dengan Bapemperda (Badan Pembentukan Perda) DPRD Kaltara terkait perda ini. Selanjutnya kata dia, dewan juga nantinya akan membentuk panitia khusus (Pansus) untuk membahas secara rinci bersama dengan pihak-pihak terkait.  “Jadi prosesnya masih panjang. Kita pelajari dulu, kemudian studi banding dan melakukan tahapan-tahapan lainnya untuk penyempurnaan,” katanya.

Namun pada dasarnya, ia sangat setuju dengan adanya perusda ini. Karena tujuannya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. (adv)

Add a Comment