Terdepan dan Terpercaya|Sabtu, Februari 16, 2019
> Home » Lipsus » Sektor Pariwista Perlu Diseriusi

Sektor Pariwista Perlu Diseriusi 

GardaNKRI,COM, TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara, Abdul Djalil Fatah meminta, selain infrastruktur dasar, pemprov juga menyeriusi dan memprioritaskan pengembangan sektor pariwisata. Karena Provinsi Kaltara memiliki potensi pariwisata layak jual yang tersebar di beberapa daerah.

Selama ini, kata dia, potensi pariwisata belum tergarap secara maksimal. Padahal, sektor pariwisata bisa diharapkan untuk menambah pendapatan daerah. Karena itu, ke depan pembangunan sektor kepariwisataan harus menjadi prioritas.

Seperti pembenahan objek wisata dan promosi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kaltara. “Kalau jumlah kunjungan wisata meningkat, bisa menambah penghasilan daerah,” ujar Abdul Djalil, beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan, dampak sektor pariwisata ini cukup luas. Selain menambah penghasilan daerah, juga berdampak langsung pada masyarakat, terutama dalam meningkatkan perekonomia.

Dia mencontohkan, usaha perdagangan oleh-oleh dan suvenir akan lebih maju seiring kemajuan sektor pariwisata. Termasuk usaha warung makan di sekitar objek wisata, juga merupakan peluang usaha bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan.

Contoh lain, pelaku usaha travel dan juga hotel turun menikmati hasil dari meningkatnya kunjungan wisata. Jadi, pariwisata harus jadi perhatians serius pemerintah daerah.

“Sebab pariwisata mencakup kepentingan secara keseluruhan. Kalau ada wisata, uang akan masuk ke daerah. Jadi kita fokus ke wisata juga. Pembangunan pariwisata juga masuk urusan yang penting,” tandasnya. (adv)

Add a Comment