Terdepan dan Terpercaya|Sabtu, Februari 16, 2019
> Home » headline » Sarankan Buat Perencanaan Jalan Layang

Sarankan Buat Perencanaan Jalan Layang 

Gardankri.com, Tanjung Selor,  Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakayat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara Abdul Djalil Fatah menyarankan, pemerintah provinsi membuat perencanaan pembangunan jalan layang di jalur trans Kalimantan Utara, yang menghubungkan Kabupaten Bulungan dengan Malinau.

Menurut Djalil, jalan layang bisa lebih awet dan pembangunannya tidak merusak hutan. “Saya sudah pernah menyerankan ke Dinas Pekerjaan Umum soal ini. Buat jalan yang pakai tiang seperti di kota-kota besar. Itu tidak merusak hutan kita,” ungkap Djalil, Rabu (30/5).

Jika daerah lain bisa membangun jalan layang, Djalil juga yakin di Kaltara juga bisa dibangun jalan serupa. “Jakarta bisa membangun jalan bertingkat. Kenapa jalan kita eggak dibuat seperti itu. Buat perencanaan jalan yang bagus. Masa jalan kita seperti sekarang ini terus,” sambungnya.

Menurut dia, dengan model jalan seperti itu, maka orang-orang dari luar daerah akan tertarik datang ke Kaltara. Karena, konsep jalan ini bisa dipadukan denga parwisata. Misal, di sepanjang jalan dibuat objek-objek wisata, seperti air terjun dan taman-taman.

“Saya yakin akan ramai orang datang ke sini. Apalagi bisa menikmati pemandangan di sepanjang jalan. Jalan ini juga bisa jadi daya tarik wisatawan,” ujarnya.

“Dipinggir jalan bisa buat tempat santai warga yang beristirahat dan ada pedagangnya. Jadi bisa bersantai sambil melihat hutan,” sambungnya.

Mengenai anggaran, menurut dia tidak harus menggunakan dana pemerintah daerah. Tetapi bisa melalui bantuan pusat. “Buat aja perencanaannya, hitung anggarannya. Intinya kalau di daerah lain bisa, kenapa kita tidak bisa,” pungkasnya. (adv/hms)

Add a Comment