Terdepan dan Terpercaya|Kamis, April 18, 2019
> Home » headline » Pengajuan Beasiswa Kaltara Cerdas Dimulai 10 Agustus

Pengajuan Beasiswa Kaltara Cerdas Dimulai 10 Agustus 

GardaNKRI.com, Tanjung selor, Kabar gembira untuk para mahasiswa dan pelajar SMA/SMK di Kalimantan Utara (Kaltara), menyusul telah keluarnya Peraturan Gubernur (Pergub) Kaltara Nomor 28 Tahun 2017 tentang  Pedoman Pemberian Beasiswa pada 20 April lalu.

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mengatakan, pengajuan proposal untuk mendapatkan beasiswa Kaltara Cerdas bisa disampaikan mulai 10 Agustus nanti. Para mahasiswa diploma, S-1, S-2 maupun S-3 dan siswa SMA/SMK yang ingin mendapat beasiswa bisa mengajukan permohonan ke Dewan Pendidikan Provinsi Kaltara. Dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Sebelumnya, untuk efektivitas dan optimalisasi pengelolaan beasiswa tersebut, Pemprov Kaltara melalui Gubernur mengeluarkan Pergub. Yaitu Pergub  Kaltara Nomor 28 Tahun 2017, tentang  Pedoman Pemberian Beasiswa di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Selain Pergub yang diterbitkan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pemberian beasiswa tersebut, melalui pihak terkaitnya juga telah melakukan penyusunan petunjuk teknis (Juknis) pemberian beasiswa Kaltara Cerdas.

“Alhamdulillah, berdasarkan laporan yang saya terima, baik Pergub maupun Juknis telah selesai direvisi. Sehingga penyaluran sudah bisa mulai direalisasikan. Namun harus melalui prosedur. Salah satunya pemohon harus mengajukan proposal dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Nanti melalui Dewan Pendidikan yang akan memverifikasi,” ungkap Irianto.

Terpisah, Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Kaltara Herwansyah membenarkan jika beasiswa Kaltara Cerdas sudah bisa direalisasikan. “Kita sudah jadwalkan, pengajuan proposal bisa disampaikan mulai 10 Agustus. Format proposal bisa dilihat di website www.kaltaraprov.go.id atau mengambil ke Sekretariat Dewan Pendidikan Kaltara di Jl Binjai Tanjung Selor,” kata Herwansyah.

Disampaikannya, anggaran yang dikucurkan Pemprov Kaltara untuk pemberian Beasiswa Kaltara Cerdas ditambah dengan operasional Dewan Pendidikan Provinsi Kaltara tahun ini sebesar kurang lebih Rp 12 miliar.

“Beasiswa Kaltara Cerdas diberikan kepada mahasiswa Diploma, S-1, S-2 dan S-3 dengan syarat-syarat yang sudah ditetapkan. Kemudian ada juga untuk siswa SMA/SMK yang memiliki prestasi. Baik di bidang akademik maupun nonakademik,” jelasnya.

Persyaratan lebih jelas, lanjut dia, bisa dilihat di Sekretariat Dewan Pendidikan Kaltara.  Herwansyah menambahkan, kuota penerima beasiswa Kaltara Cerdas tahun ini sebanyak 1.935 mahasiswa dan 588 siswa. Dengan rincian, untuk siswa terdiri dari 45 siswa peraih juara pada UN 2017, 516 siswa peraih ranking di sekolah dan 27  siswa peraih prestasi non akademik, baik nasional maupun internasional.

Sementara, dari kuota 1.935 untuk mahasiswa, terdiri dari mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi luar Kaltara sebanyak 1.025, mahasiswa kuliah di perguruan tinggi dalam wilayah Kaltara sebanyak 519, mahasiswa program kesehatan kuliah di dalam dan luar Kaltara 295 orang.

Kemudian mahasiswa yang sedang melakukan tugas akhir di perguruan tinggi luar provinsi 52 orang, di perguruan tinggi dalam provinsi 32 orang, serta mahasiswa peraih prestasi nonakademik sebanyak 12 orang. (humas)

Add a Comment