Terdepan dan Terpercaya|Sabtu, Februari 16, 2019
> Home » headline » Pemerintah Pusat Dukung Percepatan Pembangunan Kaltara

Pemerintah Pusat Dukung Percepatan Pembangunan Kaltara 

Gardankri.com, Jakarta, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie melakukan pertemuan dengan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung di ruang kerjanya di Sekretariat Negara di Jalan Veteran III Jakarta, Rabu (17/5).

 Dalam pertemuan itu, Gubernur menyampaikan beberapa program strategis nasional yang sedang dilaksanakan di Kaltara. Di antaranya pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning, Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor dan rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA), utamanya PLTA Sungai Kayan di Peso.

 Dijumpai usai bertemu dengan Seskab, Irianto mengatakan, banyak hal diperoleh dari pertemuan tersebut. “Dalam pertemuan itu saya menyampaikan beberapa hal. Utamanya mengenai program-program strategis nasional yang akan dibangun di Kaltara. Alhamdulillah sangat direspons, beliau sangat mendukung, dan siap mem-back up,” ujar Irianto.

 Dalam pertemuan itu, lanjutnya, Seskab juga memberikan beberapa saran dan masukan. “Saran dan masukannya sangat bagus, dan akan kita tindak lanjuti,” imbuhnya.

 Gubernur juga menyampaikan ada kalimat menarik yang disampaikan Pramono Anung dalam kesempatan itu, yaitu soal dukungan penuh pemerintah pusat untuk percepatan pembangunan di Kaltara.

“Intinya pemerintah pusat sangat mendukung percepatan pembangunan di Kaltara. Beliau siap menerima, kapan saja jika ada hal-hal yang prinsip dan akan disampaikan. Intinya siap mem-back up penuh,” jelas Gubernur.

 Seperti diketahui, selain pembangunan KBM, KIPI Tanah Kuning juga diusulkan masuk Proyek Strategis Nasional (PSN). Termasuk pembangunan PLTA di Peso yang merupakan sarana pendukung untuk memenuhi kebutuhan listrik di kawasan industri tersebut.

 Pemerintah pusat, melalui beberapa kementerian telah memberikan support untuk percepatan pembangunan PLTA. Bahkan beberapa hari lalu, Menteri Koordinator Kemaritiman telah menawarkan kerjasama dengan China untuk pembangunan PLTA yang diproyeksikan menghasilkan daya listrik 9.900 megawatt (MW) tersebut.

 Selain melaporkan soal program pembangunan di Kaltara, selaku Koordinator Forum Kerjasama Revitalisasi dan Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan (FKRP2RK), Gubernur juga menyampaikan rencana gubernur se-Kalimantan untuk melakukan audensi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 “Dan, alhamdulillah juga beliau siap mengagendakan, insya Allah sepulang Pak Presiden dari kunjungan ke Arab Saudi di bulan Ramadan nanti,” ujarnya.

 Dalam pertemuan kemarin, Gubernur didampingi oleh kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Provinsi Kaltara Fredrick Ellia G.

 Usai bertemu Pramono Anung, Irianto juga bertemu dengan sahabat lamanya yang menjabat Deputi Sekretaris Kabinet Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Surat Indrijarso.

 “Beliau kawan lama saya, tadi sempat berbincang banyak di ruang kerjanya. Beliau juga siap membantu untuk Kaltara,” ujar Irianto.

 Dalam beberapa kesempatan, Gubernur menyampaikan soal pentingnya menjalin komunikasi dan networking, terutama dengan pemerintah pusat. Apalagi Provinsi Kaltara sebagai daerah otonomi baru (DOB) yang sangat membutuhkan dukungan penuh dari pusat. (humas)

Add a Comment