Terdepan dan Terpercaya|Selasa, Juni 25, 2019
> Home » Lipsus » Manfaatkan SDA untuk Ciptakan Lapangan Kerja

Manfaatkan SDA untuk Ciptakan Lapangan Kerja 

GardaNKRI.COM, TANJUNG SELOR – Waki Ketua DPRD Kaltara Abdul Djalil Fatah berharap di daerah ini terbuka lapangan pekerjaan yang bisa mengakomodir jumlah pencari kerja saat ini. Sebab, ia melihat antusias masyarakat Kaltara mencari pekerjaan cukup tinggi.

Untuk menyikapi hal ini, kata dia, pemerintah perlu mengantisipasi dengan mempercepat pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Tanjung Palas Timur.

“Kita harapkan dengan rencana pembangunan KIPI yang dimulai tahun ini dan selesai 2018 mendatang, bisa membuka lapangan pekerjaan yang cukup besar,” kata Djalil.

Selain itu, diperlukan semangat dari masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang ada. Hal ini pun dibutuhkan dukungan dari pemerintah untuk memprogramkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Sehingga ke depan mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan memanfaatkan dan mengelola potensi SDA yang ada.

Apalagi potensi SDA Kaltara cukup melimpah untuk dikelola. Seperti di bidang perkebunan kelapa sawit, pertambangan bat bara, migas dan industri perikanan.

“Jadi kita harapkan ada pembinaan sejak dini. Kami di dewan siap mendukung peningkatan SDM ini. Sehingga lahir SDM bukan yang mencari pekerjaan, tetapi membuka lapangan pekerjaan untuk generasi ke depan,” tandasnya. (adv)

Add a Comment