Terdepan dan Terpercaya|Selasa, Februari 19, 2019
> Home » Lipsus » Lelang Selesai, SOA Barang Tambah 2 Lokasi Baru

Lelang Selesai, SOA Barang Tambah 2 Lokasi Baru 

Gardankri.com, TANJUNG SELOR Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 dialokasikan Rp 9 miliar untuk program Subsidi Ongkos Angkut (SOA) Barang ke sejumlah kecamatan di wilayah perbatasan Kabupaten Malinau dan Nunukan.

Dalam realisasinya nanti, Pemprov Kaltara melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop-UMKM) yang menangani. Tahun ini, program SOA Barang menambah 2 kecamatan yang belum tercover di tahun sebelumnya. Yakni, Kayan Selatan dan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau.

Pada 2017, SOA Barang hanya menjangkau 5 kecamatan. Yaitu 3 kecamatan di Nunukan, yakni Krayan Induk, Krayan Selatan dan Lumbis Ogong dan 2 kecamatan di Malinau. Yakni, Kayan Hilir dan Mentarang Hulu. Kita memberikan SOA Barang ini, bertujuan untuk mengurangi disparitas harga barang pokok di perbatasan. Sehingga dengan adanya subsidi, bisa sama dengan harga pada tingkat agen, jelas Kepala Disperindagkop-UMKM Kaltara Hartono.

Untuk progress pelaksanaan program SOA Barang 2018 sendiri, Hartono mengaku bahwa lelang telah selesai dilakukan. “Rp 9 miliar itu terbagi untuk 2 kabupaten, yakni Malinau dan Nunukan. Jadi, kita tinggal menunggu Surat Perintah Kerja (SPK) untuk merealisasikannya, jelas Hartono.

SOA Barang 2018 menggunakan akses darat, air dan udara. Untuk akses udara sendiri, calon pemenang sudah ada yakni PT Aviastar Mandiri, tinggal menunggu masa sanggah hasil lelang yang selesai dalam minggu ini. PT Aviastar Mandiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang maskapai penerbangan dan salah satu yang terbesar di Indonesia.

Maskapai penerbangan ini berdiri pada 2003. Untuk diketahui, dukungan SOA Barang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak ada. Karena kementerian langsung menunjuk provinsi untuk melaksanakan program ini. Dari APBN, hanya menopang SOA Orang yang dikelola Kementerian Perhubungan (Kemenhub).(hms/ats/ardy)

Add a Comment