Terdepan dan Terpercaya|Selasa, Februari 19, 2019
> Home » headline » Koordinasikan Lahan Pembangunan KBM Dewan Undang DPUTR Kaltara

Koordinasikan Lahan Pembangunan KBM Dewan Undang DPUTR Kaltara 

GardaNKRI.COM, TANJUNG SELOR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar rapat gabungan komisi bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kaltara, Selasa (30/5) lalu. Rapat itu membahas mengenai lahan yang dipersiapkan untuk rencana pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor.

Menurut anggota Komisi III DPRD Kaltara Norhayati Andris, dalam rapat itu, dewan bersama pemprov dalam hal ini DPUTR masih sebatas konsultasi mengenai persiapan lahan kota baru mandiri ini. “Kita belum membahas masalah pembebasan lahannya ya. Tapi, masih konsultasi,” ujar Norhayati, yang dikonfirmasi Kamis (1/6) kemarin.

Menuruntya, lokasi Kota Baru Mandiri Tanjung Selor yang sudah ditetapkan perlu disesuaikan dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Provinsi Kaltara. Sehingga kedepannya saat pembangunan di mulai, lahan itu sudah tidak ada masalah. Apalagi lokasi pusat pemerintahan Provinsi Kaltara ini bisa segera terwujud karena masuk program prioritas Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Lokasi kan sudah siap. Jadi perlu kita koordinasikan terus. Supaya tidak lepas dari RTRW kita,” katanya.

Diketahui, luas lahan untuk Kota Baru Mandiri Tanjung Selor ini dipersiapkan sekitar 2.400 hektare. Lokasi meliputi Desa Jelarai, Gunung Sering, sebagian Kelurahan Tanjung Selor Hulu, Tanjung Selor Hilir di Kecamatan Tanjung Selor. Nantinya kawasan kota baru ini terintegrasi dengan pusat pemerintahan Provinsi Kaltara. Kawasan ini akan menjadi sebuah kota modern yang nantinya dibangun berbagai sarana dan prasarana umum serta dan perkantoran. (adv)

Add a Comment