Terdepan dan Terpercaya|Kamis, Juni 20, 2019
> Home » Lipsus » Jaga Ketertiban Umum, Satpol PP Gelar Operasi Pekat

Jaga Ketertiban Umum, Satpol PP Gelar Operasi Pekat 

Gardankri.com, TANJUNG SELOR – Rabu (30/5) malam, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memfasilitasi kegiatan Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) di wilayah Kabupaten Bulungan. Kegiatan yang bertujuan untuk menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat pada saat pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 1439 Hijriah/2018 Masehi ini, melibatkan pihak TNI dan Kepolisian setempat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bulungan juga Provinsi Kaltara, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bulungan dan Provinsi Kaltara, pihak Kecamatan Tanjung Selor, Kejaksaan, serta Satpol PP Kabupaten Bulungan.

Sasarannya, yakni hotel yang ada di wilayah Tanjung Selor. Target operasi, identitas para penghuni hotel, termasuk barang bawaannya. Dalam pelaksanaannya sendiri, Operasi Pekat dibagi kedalam 2 regu pelaksana. Total, ada 12 hotel yang dirazia kala itu. “Kita melakukan pemeriksaan hotel-hotel, aktivitas penghuni hotel. Dalam artian, apakah ada tindak perbuatan asusila. Kelengkapan identitas diri, barang bawaannya apa saja. Apakah ada narkoba atau bahan berbahaya lainnya,” kata Sekretaris Satpol PP Provinsi Kaltara Hasnan Mustaqim.

Tak itu saja, Operasi Pekat itu juga menyasar para penghuni hotel yang dicurigai terkait dengan tindakan terorisme. “Ada sanksi yang diberikan kepada para pelanggar. Untuk pelaku tindakan asusila, dilakukan pembinaan. Dimana, tindakan hukumnya kami serahkan kepada Satpol PP Bulungan. Ini karena, Satpol PP Kaltara bertindak selaku fasilitator saja,” urai Hasnan.

Disampaikan oleh Hasnan juga, Operasi Pekat ini akan berlanjut ke kabupaten dan kota lainnya. Yakni, Kabupaten Tana Tidung (KTT), Malinau, Nunukan dan Kota Tarakan. “Untuk kegiatan di Tarakan dan Nunukan, kegiatannya menyasar arus balik dan masuknya orang tanpa identitas jelas. Timnya dengan melibatkan sejumlah instansi terkait di setiap daerah,” ungkap Hasnan. Sebagai informasi, tak hanya hotel, Operasi Pekat juga menyasar pemondokan, tempat hiburan malam, dan kos-kosan.(hms/ats/ardy)

Add a Comment