Terdepan dan Terpercaya|Sabtu, Februari 16, 2019
> Home » headline » Imbau Masyarakat Waspada saat Mudik Lebaran Tweet

Imbau Masyarakat Waspada saat Mudik Lebaran Tweet 

GardaNKRI.COM TANJUNG SELOR – Kalangan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik Lebaran agar berhati-hati dan waspada selama dalam perjalanan.

Dikatakan anggota DPRD Kaltara, AR Rasyid, masyarakat yang mudik Lebaran menggunakan kendaraan roda empat harus memeriksa kelengkapan dan kelayakan kendaraannya sebelum berangkat. Hal ini penting agar dalam perjalanan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kalau lewat jalur darat dan pakai kendaraan pribadi, pastikan kendaraannya aman baru jalan. Kalau naik kapal laut atau pesawat, tentunya harus menyiapkan keperluannya lebih awal. Paling penting, selama perjalanan jangan pakai perhiasan berlebihan untuk menghindari aksi kejahatan di jalan,” jelas Rasyid, Selasa (20/6).

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat sebelum meninggalkan rumah pastikan dalam kondisi aman. Seperti memeriksa aliran listrik atau perangkat elektronik yang masih tersambung ke lisitrik. Hal ini untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran. Begitu juga dengan keamanan lingkungan rumah perlu diperhatikan.

“Kalau tidak ada unsur kemanan di lingkungan tempat tinggalnya, bisa melapor ke ketua RT. Sampaikan bahwa kita akan meninggalkan rumah. Sehingga rumah tetap terpantau selama kita mudik,” jelasnya.

Ia juga berharap pos keamanan lingkungan yang ada bisa diaktifkan. Dengan demikian, bisa mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan yang setiap saat mengancam masyarakat.

“Pos kamling itu diaktifkan. Ini tangung jawab Ketua RT dan RW. Aparat keamanan juga perlu patroli lingkungan secara kontinu,” pungkasnya. (adv)

Add a Comment