Terdepan dan Terpercaya|Selasa, Februari 19, 2019
> Home » Lipsus » Dewan Sarankan Bentuk Tim Khusus Untuk Tangani Masalah Narkoba

Dewan Sarankan Bentuk Tim Khusus Untuk Tangani Masalah Narkoba 

GardaNKRI.COM, TANJUNG SELOR – Peredaran narkotika di Kalimantan Utara, khsusnya di wilayah perbatasan perlu perhatian serius. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara Abdul Djalil Fatah, menanggapi adanya kasus penangkapan Warga Negara Malaysia di Krayan yang kedapatan membawa narkotika jenis sabu, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, wilayah perbatasan merupakan jalur atau pintu masuk narkoba ke daerah ini. “Kami berharap semua elemen bersama-sama lebih serius menagani masalah peredaran narkotika ini,” kata Abdul Djalil, belum lama ini.

Bahkan Abdul Djalil menyarankan agar dibentuk tim khusus di wilayah perbatasan yang melibatkan berbagai unsur. Seperti pemerintah, Badan Narkotika, kepolisian, TNI, lembaga kemasyarakatan, organisasi pemuda, organisasi agama, termasuk para pendidik.

Dikatannya, dengan tim ini, semua bisa bersama-sama menanggulangi masuknya dan memerangi peredaran narkoba di Kaltara. “Para pemuda di desa juga diajak. Supaya punya tanggung jawab membina adik-adik mereka yang merupakan generasi penerus,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kaltara Norhayati Andris. Menurutnya, pengaman di daerah perbatasan juga harus diperkuat. Sebab perbatasan jadi sasaran empuk dan pintu masuk narkoba. Di daerah perbatasan kata dia tidak bisa dijaga satu pintu. Karena, ketika dijaga di jalur masuk perbatasan, narkoba bisa masuk melalui jalur tikus.

“Ini yang jadi pekerjaan rumah untuk menangani masalah narkoba di daerah kita. Jadi harus memperkuat pengamanan. Petugas juga harus didukung peralatan yang canggih untuk mendeteksi narkoba. Apalagi jumlah petugas kita masih terbatas,” tandasnya. (adv)

Add a Comment