Terdepan dan Terpercaya|Sabtu, Februari 16, 2019
> Home » Lipsus » Dewan Berharap DOB Krayan Terealisasi Menjaga Kedaulatan NKRI

Dewan Berharap DOB Krayan Terealisasi Menjaga Kedaulatan NKRI 

GardaNKRI.COM, TANJUNG SELOR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Utara bersama Tim Presidium DOB Krayan dan Biro Pemerintahan Setprov Kaltara, Rabu (12/4) kemarin, mengajukan usulan daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Krayan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua Komisi I DPRD Kaltara Norhayati Andris mengakui, dokumen DOB Krayan sudah diterima Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Penataan Daerah. “Ya, hari ini (kemarin) kami dari Komisi I didampingi Ketua DPRD Kaltara, bersama pemerintah provinsi dan tim presidium sudah mengantar berkas DOB Krayan ke Dirjen Penataan Daerah,” kata Norhayati, saat dihubungi media ini, Rabu (12/4).

Dijelaskannya, penyerahan usulan DOB Krayan ke pemerintah pusat ini merupakan aspirasi masyarakat Krayan yang menginginkan pemekaran di wilayah mereka. Sebagai wakil rakyat, DPRD kata dia, tentu memiliki harapan besar agar wilayah Krayan bisa menjadi DOB.

“Besar harapan kami untuk merealisasikan keinginan masyarakat perbatasan yang telah menjaga NKRI ini,” katanya.

Menurutnya, melihat kondisi Krayan, memang sudah seharus dimekarkan. Karena letaknya yang strategis dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Dalam pertemuan itu, dijelaskan sejumlah alasan mengapa beberapa daerah di Kaltara semangat memperjuangkan wilayahnya menjadi DOB. Seperti, penguatan kedaulatan NKRI, mengingat daerah tersebut masuk wilayah perbatasan dengan negara tetangga. Selain itu, masih banyak kekurangan dan keterbatasan yang terjadi di wilayah tersebut.

“Trasnportasi di wilayah itu juga belum bisa dijangkau dengan baik. Itu alasan mengapa Krayan semangat memperjuangkan pemekaran. Mereka juga bangga menjadi bagian NKRI,” katanya. (adv)

Add a Comment