Terdepan dan Terpercaya|Sabtu, Februari 16, 2019
> Home » Lipsus » Dewan Berhalangan Hadir kerena Tugas

Dewan Berhalangan Hadir kerena Tugas 

GardaNKRI.COM, TANJUNG SELOR – Rapar Paripurna Istimewa dengan agenda Peringatan HUT ke-4 Provinsi Kalimantan Utara di gedung DPRD, kemarin (21/4), hanya dihadiri 8 orang dari 35 anggota dewan.

Pantauan media ini di ruang sidang paripurna, hingga agenda paripurna dimulai sekitar pukul 09.30 Wita, hanya ada Ketua DPRD Marten Sablon dan Wakil Ketua Abdul Djalil Fatah serta 6 orang anggota dewan. Kursi anggota dewan pun terlihat kosong.

Ketua DPRD Kaltara Marten Sablon yang dikonfirmasi usai paripurna membenarkan jika kehadiran anggota dewan pada rapat paripurna ini belum maksimal. “Kita bersyukur rapat paripurna berjalan lancar. Meskipun tingkat kehadiran anggota dewan beluk maksimal,” kata Marten Sablon.

Namun, ketidakhadiran anggota dewan ini kata Marten bukan tanpa alasan. Menurutnya, sebagian besar anggota dewan masih berada di luar Tanjung Selor karena ada kegiatan lain. Seperti kegiatan partai dan ada yang terlibat dalam kepanitiaan peringatan Hari Kartini.

Dikatakannya pula, mereka yang tidak sempat hadir juga telah menyampaikan permohonan izin sehari sebelum agenda paripurna.

“Mereka ada menyampaikan permohonan izin karena kegiatan lain. Utamanya kegiatan masing-masing partai,” ujarnya.

Meski pun sebagain besar anggota dewan tidak hadir, namun menurut Marten, rapat paripurna peringatan HUT Kaltara sah dan tetap dilaksanakan.

“Meskipun hanya ada beberapa anggota yang hadir, paripurna tetap dilaksanakan. Karena rapat ini tidak mengambil keputusan. Jadi tidak harus kuorum dan sah saja dilaksanakan,” katanya.

“Yang jelas agenda paripurna ini sudah disetujui oleh seluruh anggota dewan. Hanya ada yang berhalangan hadir,” sambungnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan (Sekwan) Kaltara, Abdul Madjid juga membenarkan bahwa sejak beberapa hari terakhir sebagain anggota dewan sedang melaksanakan kegiatan di luar Tanjung Selor. Sehingga, mereka ada yang berhalangan hadir.

“Tapi sudah ada pemberitahuan sebelumnya kalau anggota dewan masih ada yang melaksanakan kegiatan di luar. Ini tidak jadi masalah, karena agendanya bukan untuk mengambil keputusan,” tandasnya.

Rapat paripurna ini juga dihadiri Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dan Wakil Gubernur Udin Hianggio. Hadir pula sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemprov Kaltara danKabupaten Bulungan serta undangan lainnya  [ADV]

Add a Comment