Terdepan dan Terpercaya|Kamis, April 18, 2019
> Home » headline » Desak Tuntaskan Jalan di Perbatasan, Pusat Target Rampung 2019

Desak Tuntaskan Jalan di Perbatasan, Pusat Target Rampung 2019 

GardaNKRI.COM, TANJUNG SELOR – Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara Marten Sablon berharap pembangunan jalan menuju Long Bawan, ibu kota Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan bisa segera rampung. Pasalnya, akses darat ini menjadi salah satu impian warga setempat.

“Pembukaan Laman berikutnya›akses darat yang selama ini diimpikan masyarakat sudah dikerjakan. Semoga bisa cepat selesai dan dinikmati masyarakat,” ujarnya, pekan lalu.

Dikatakannya, pemerintah sudah mengupayakan percepatan pembangunan jalan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengalokasikan anggaran puluhan miliar untuk membuka akses darat dari Malinau ke Long Bawan, Karayan.

“Tahun ini kalau enggak salah ada Rp 40 miliar untuk percepatan. Kami harap tahun 2018 sudah bisa dilalui,” tukasnya.

Menurutnya, dengan terbukanya akses darat menuju Krayan, maka transportasi masyarakat setempat semakin gampang. Sehingga tidak lagi mengandalkan pesawat terbang yang memerlukan ongkos cukup besar.

“Akses darat ini harapan masyarakat supaya lebih gampang kalau mau berkunjung ke daerah lain,” katanya.

Selain itu, akses darat ini juga memudahkan distribusi kebutuhan masyarakat setempat. Sehingga tidak lagi bergantung dengan kebutuhan yang dijual di negara tetangga, Malaysia.

“Sekarang ini memang masyarakat di sana sulit. Hanya bergantung barang dari Malaysia. Karena kondisinya seperti itu, tidak ada jalan lain. Tapi kalau sudah ada jalan tembus, kita tidak bergantung lagi dengan Malaysia,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kaltara Sudjadi, mengatakan pembangunan akses di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan sedang dikerjakan.

“Ada beberapa paket pekerjaan di sana. Baik dari pusat maupun APBD provinsi,” ujar Sudjadi.

Untuk paket pekerjaan yang didanai APBD Kaltara dan sudah berjalan saat ini, seperti pembangunan jalan perbatasan lingkar Krayan ruas Long Layu-Rungan-Long Padi-Binuang. Selain itu, juga ada pekerjaan jalan perbatasan lingkar Krayan ruas Long Bawan-Kampung Baru-Pa’Betung-Pa’Pani hingga batas negara.

“Itu pembukaan jalan baru. Progresnya sekarang 50 sampai 70 persen. Ada juga beberapa paket pekerjaan pengaspalan dari APBN,” sebutnya.

Dikatakannya, sesuai target pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Jokowi, jalan lingkar di Krayan akan terhubung seluruhnya pada 2019. “Kalau jalan lingkar di sana sekitar 150 kilometer. Itu sudah tembus semua. Termasuk dari Kabupaten Malinau ke wilayah Krayan. Apalagi pusat cukup gencar membantu melalui APBN,” terangnya. (ADV)

Add a Comment