Terdepan dan Terpercaya|Sabtu, Februari 16, 2019
> Home » Lipsus » Dalami Rencana Pinjaman Dana Pemprov

Dalami Rencana Pinjaman Dana Pemprov 

GardaNKRI.COM, TANJUNG SELOR – DPRD Kalimantan Utara akan mempertimbangkan memberikan persetujuan terkait rencana pemprov meminjam dana ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk membiayai pembangunan rumah sakit daerah di Tanjung Selor.

Menurut Ketua DPRD Kaltara, Marten Sablon, pembangunan rumah sakit tipe B di Tanjung Selor tidak memungkinkan jika menggunakan APBD provinsi. Karena itu, alternatifnya, menggunakan dana pihak ketiga.

Jadi sepanjang pembangunan rumah sakit ini menyentuh kepentingan masyarakat, maka dewan akan mempertimbangkan memberikan persetujuan peminjaman dana itu. Apalagi Pemprov Kaltara dan SMI juga telah memberikan penjelasan terkait peminjaman ini.

“Tapi, walaupun sudah ada penjelasan, kami belum berikan keputusan. Karena dewan ingin mendalami dan membahas lebih detail soal pinjaman ini,” kata Marten, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, pinjaman dana ini memang perlu persetujuan dari dewan. Karena, dengan adanya persetujuan ini, SMI baru bisa mengeluarkan dananya untuk pemprov. “Makanya sebelum ada persetujuan, kami bahas dulu di internal,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kaltara Abdul Djalil Fatah mengatakan, karena rumah sakit di ibu kota Kaltara ini demi kepentingan masyarakat banyak di bidang kesehatan, maka dewan akan memberikan support untuk merealisasikan pembangunanya.

“Karena rumah sakit itu kan nanti jadi rujukan. Jadi kalau jalan dari perbatasan Kabupaten Malinau sudah mulus, rujukannya bisa ke ibu kota Tanjung Selor. Tidak lagi menyeberang ke Tarakan,” kata Djalil.

Selain itu, pertimbangan lainnya adanya masyarakat perbatasan yang memilih berobat di negara tetangga. Hal ini tentu menyangkut harkat dan martabat bangsa Indonesia.

“Kita tidak ingin lagi mendengar keluhan masyarakat. Bayangkan masyarakat perbatasan berobat ke Tawau. Jadi kita berpikir ke depan, bagaimana ada rumah sakit rujukan yang sesuai standar,” jelasnya. (adv)

Add a Comment