Terdepan dan Terpercaya|Selasa, Februari 19, 2019
> Home » Lipsus » Daerah Wisata Harus Punya Ciri khas

Daerah Wisata Harus Punya Ciri khas 

GardaNKRI.COM, TANJUNG SELOR– Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara, Effendhi Djuprianto mengatakan, Kalimantan Utara memiliki potensi wisata yang beragam. Mulai dari wisata alam, sejarah, dan wisata buatan. Potensi-potensi yang tersebar di beberapa wilayah ini perlu dikembangkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata.

“Kan masing-masing kabupaten/kota di Kaltara punya potensi wisata sendiri-sendiri. Pemerintah daerahnya perlu serius untuk mengelola itu,” kata Effendi,belum lama ini.

Jika digarap serius, maka akan menarik kunjungan wisata. Sehingga berdampak pada perekonomian di daerah tersebut. Bahkan memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat setempat.

Selain itu, dikatakannya, untuk menarik wisatawan datang berkunjung, tidak hanya mengadalkan keindahan wisata yang ada. Tetapi, masing-masing daerah juga perlu memiliki ciri khas sendiri. Seperti, memiliki hasil kerajinan tangan, makanan khas dan lainnya yang diolah dari potensi daerah masing-masing. Hasil olahan masyarakat ini bisa dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang datang.

Sehingga, orang datang tidak hanya sekadar menikmati keindahan objek wisata, tetapi juga ada daya tarik lain dari ciri khas masing-masing daerah. “Misal, wisatawan mencari sesuatu yang ada ciri khasnya dengan daerah kita, mereka tentu akan datang. Tetapi, itu harus dikelola dengan baik,” pungkasnya. (adv)

Add a Comment