Terdepan dan Terpercaya|Kamis, Juni 20, 2019
> Home » Lipsus » Berharap Raperda Inisiatif Masuk Propemperda

Berharap Raperda Inisiatif Masuk Propemperda 

GardaNKRI.COM, TANJUNG SELOR – Dua rancangan peraturan daerah (Raperda) inisitif DPRD Kaltara tahun 2017 segera dibahas. Raperda tersebut yakni tentang Pertambangan Mineral dan Batubara serta Raperda tentang Perlindungan dan Pengakuan Hak-Hak Adat di Provinsi Kalimantan Utara.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD Kalimantan Utara, Rakhmat Majid Gani mengatakan, dua raperda inisiatif ini telah diusulkan masuk dalam program pembentukan perda (Propemperda) tahun 2017 dan menunggu jawaban atau persetujuan dari Pemprov Kaltara.

“Kita menunggu jawaban pemerintah provinsi. Apakah diterima atau tidak,” kata politikus asal Partai Amanat Nasional ini.

Dikatakannya, jika diterima pemprov, maka selanjutnya DPRD akan membentuk tim panitia khusus (Pansus) untuk membahas dua rapaerda inisiatif tersebut. “Kalau diterima, maka pansus terbentuk. Jadi kami berharap bisa diakomodir. Karena raperda ini berkaitan dengan kewenangan yang sekarang ada di provinsi. Seperti Raperda tentang Pertambangan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kaltara Marten Sablon mengatakan, penyampaian jawaban dari pemprov atas dua raperda inisiatif dewan ini akan dijadwalkan dalam waktu dekat. Ia juga berharap raperda inisiatif dewan ini bisa diakomodir masuk Propemperda tahun 2017.(adv)

Add a Comment