Terdepan dan Terpercaya|Sabtu, Juni 15, 2019
> Home » headline » Banjir Melanda Beranda Depan NKRI

Banjir Melanda Beranda Depan NKRI 

GardaNKRI.com, Nunukan, Beranda Depan NKRI kembali dilanda banjir. Empat Kecamatan diKabupaten Nunukan,Sabtu 19/5/2017 kembali dilanda banjir sejak tadi malam . Banjir di Empat Kecamatan tersebut adalah, Kecamatan Lumbis Ogong,Sembakung,Lumbis, dan Kecamatan Atulai. Banjir ini merupakan banjir  kiriman ke tiga dari Malaysia dalam Tahun ini. Banjir kiriman ini membuat  Sungai Sembakung Kabupaten Nunukan kembali meluap dan menggenangi  Puluhan Desa.

“Banjir jilid 3 ini bukan hanya sungai Sembakung yang meluap tetapi juga Sungai Tikung Sebuku yang berhulu diperbatasan dengan Sabah Malaysia karena diakibatkan kuranngnya daerah serapan air dinegara Jiran tersebut, sebab disana terdapat beberapa Kota atau Bandar besar di hulu Sungai Sembakung disebelah Sabah”, ucap Lumbis Dalam Akun Fb nya.

Banjir yang menggenangi puluhan Desa kini sudah mengganggu aktifitas umum, bahkan bisa dikatakan lumpuh total. Banjir juga menghambat aktifitas ujian sekolah dasar yang sedang berlangsung, sehingga pelaksanaan Ujian tersebut diundur hingga waktu yang ditentukan.

Akibat musibah ini, membuat masyarakat kaltara prihatin, tak terkecual Tatapan Ketua DPRD Kaltara, Marthen Sablon, “kami sungguh prihatin atas musibah ini masyarakat disana sudah mengalami kerugian harta benda yang rusak, bahkan mungkin sudah ada harta mereka yang hanyut terbawa banjir,ucapnya”. Marthen sablon menegaskan ” Bla masalah ini tidak segera di atasi akan mengancam nyawa masyarakat disana. Karenanya Ia berharap keterlibatan pemerintah baik Pemerintah Kabupaten maupun Pemrintah Provinsi dan Pusat, untuk mencarikan solusi terbaik untuk merelokasi masyarakat ketempat atau dataran yang lebih tinggi agar terhindar dari musibah banjir, yang hampir terjadi setiap musim hujan. Dan Pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bnencana Daerah ( BPBD ), agar segera meninjau dilokasi banjir, sekaligus memberikan bantuan yang diperlukan masyarakat, baik berupa sembako, pengobatan, alat alat bantu ( Perahu karet ), untuk mengevakuasi masyarakat disana,”harapnya.

Musibah  ini juga menjadi perhatian Anggota DPR RI Komisi VIII, dr. Ari Yusnita dari Politisi Nasdem, menurutnya musibah banjir kiriman ini seringkali terjadi bahkan hal ini sudah disampaikan di Paripurna. dr. Ari Yusnita bahkan juga sudah meninjau lokasi tersebut, Ia berharap agar  ada tindak lanjut pemerintah yang real untuk menghadapi musibah ini, seperti yang disampikannya saat www.gardankri,com, meminta komentar melalui Whatsappnya, ” banjir ini sudah seringkali terjadi, hingga ia meninjau kelokasi Sembakung, melihat hal itu, ia berharap pemerintah kabupaten, Pemerintah provinsi dan Pemerintah Pusat,da tindak lanjutnya yang real ” jelasnya.

Bila dalam menangani segala permasalahan diperbatasan terkesan lambat salah satunya adalah menangani masalah banjir kirimian ini, tidak menutup kemungkinan solusi yang konkrit agar reaksi cepat dalam mengahadapi masalah diperbatasan adalah terbentuknya DOB Kabudaya. dr. Ari Yusnitapun  “sangat mendukung DOB Kabudaya segera terbentuk bahkan hal ini, sudah ia sampaikan di Komisi II DPR RI, untuk terus berjuang”,tegasnya. (Mudi)

 

Add a Comment